blog visitors

Watermark

Pada era digital seperti sekarang dan mudahnya mencari informasi membuat pembajakan hasil karya sudah menjamur. Untuk mengatasi pencurian hasil karya, biasanya Crafter memberikan watermark pada foto/gambar miliknya. Apa itu watermark? Berikut deskripsi watermark menurut Wikipedia : 


  • Watermarking adalah suatu cara penyembunyian atau penanaman data/informasi tertentu (baik hanya berupa catatan umum maupun rahasia) kedalam suatu data digital lainnya, tetapi tidak diketahui kehadirannya oleh indera manusia (indera penglihatan atau indera pendengaran), dan mampu menghadapi proses-proses pengolahan sinyal digital sampai pada tahap tertentu.
Nah kali ini kita mencoba berbagi ilmu, gimana cara membuat watermark pada foto yuks disimak step by step nya :

1.  Siapkan gambar logo/tulisan yang akan di jadikan watermark (di contoh menggunakan 
     format j.peg) buka file dengan adobe photoshop. 



 2.  Pilih menu Edit -- define brush preset . klik


3.  Setelah itu muncul brus name -- isi dengan nama kemudian klik.


4.  Pilih opsi brus kemudian pilih gambar yang akan di jadikan pola brus nya ( Gb disini adalah Logo yang tadi sudah kita siapkan).


5. Nah sekarang siapkan gambar yang akan diberi watermark, arahkan crusor ke arah gambar yang akan di beri watermark nanti akan muncul brus nya, tinggal di klik di foto nya dan muncul lah hasil watermark nya agak keliatan transparan. bisa di atur ukuran dan warna brus nya.


Nah kalo step by step udah selesai.....selanjut nya adalah tinggal menggunakan seperti pake cap. 

selamat mencoba dan semoga bermanfaat

0 komentar:

Poskan Komentar